PORTAL SOLO BLOGGER

Informasi Terbaru,Semua untuk Berbagi....

Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippet pada Blog

apa Rating Bintang Rich Snippet itu . . .
Tertarik untuk coba Memasang Rating Bintang Rich Snippet pada Blog ? Yoo langsung aje kita meluncur ke TKP. Dibutuhkan keseriusan sedikit agar pemasangan di blognya 100% berhasil. Bismillahirrohmanirrrohim..
1. Langkah pertama kita dituntut harus mempunyai akun [Google +] G+ terlebih dahulu. Gunanya utk mendapatkan kode ID'a utk menghubungkan akun google + dengan blog. Bagi Y memiliki akun google/ gmail pasti sangat mudah sekali utk mendaftar Google + [pasti sobat sudah paham cara membuatnya]. Bagi Y sudah punya ambil kode ID G+ nya. caranya buka akun G+'a dan copy ID'a seperti gambar di bawah ini:
Selanjutnya menghubungkan akun google + dan blog dengan cara meletakkan kode script dibawah ini tepat dibawah kode <head>  
<link href='https://plus.google.com/114668577698864967405' rel='publisher'/>
# Ganti kode G+ Y berwarna merah diatas dengan kode ID google+ sobat
Jika sudah Save Template Blog sobat. Selanjutnya Check salah satu link sobat di Disini untuk melihat apakah sudah "Verified" atau belum. Contoh jika sudah "Verified" seperti gambar dibawah ini :
Jika sudah seperti gambar diatas kita lanjut ke proses selanjutnya
2. Langkah selanjutnya untuk membuat Rating Bintang Rich Snippet di blog, sbb :
Kembali lagi ke Template > Rancangan > Edit HTML , saya sarankan untuk BackUp/download template terlebih dahulu agar jika terjadi kesalahan kita dapat merestore'a. Centang Expand Template Widgets . Lalu masukkan kode di bawah ini tepat setelah tag <body>
<div> <div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
Selanjutnya cari kode </body> dan letakkan kode dibawah ini sebelum kode script </body>
</div></div>
3. Jika sudah selanjutnya carilah kode judul postingan sobat, Mungkin cara ini sedikit sulit namun jika dicermati bisa kita lakukan dengan mudah. Setiap template blog memiliki kode judul postingan Y berbeda-beda seperti h1, h2, h3 . 
Pasang kode script dibawah ini tepat diatas Judul Postingan Sobat. 
<span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'>
Judul Posting Blog
</span></span> 
Untuk lebih jelas cara memasang kode script diatas, bisa ikuti cara2 dibawah ini : 
# Untuk kode judul postingan blognya Y menggunakan h1 cara memasangnya seperti gambar dibawah ini :
# Untuk kode judul postingan blognya Y menggunakan h2 seperti blog saya ini ikuti caranya seperti gambar dibawah ini :
5. Langkah selanjutnya cari kode Author untuk Rich Snippets, Y biasanya ditulis seperti "posted by . ." dll. Y harus dicari adalah kode HTML'a utk post author. Untuk kode Author template ini adalah <data:post.author/> . Cari kode seperti dibawah ini :
<span class='fn'><data:post.author/></span>
Jika sudah ketemu tambahkan kode Rich Snippet berikut ini <span itemprop='reviewer'>Nama Penulis</span> sehingga jika digabungkan akan seperti dibawah ini :
<span class='fn'><span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span></span>
Jika semua telah terpasang dengan benar, save template blog sobat
6. Langkah selanjutnya proses pemasangan Rating bintang Rich Snippetnya di Artikel blog sobat. Untuk jumlah bintangnya sesuai keinginan dan selera sobat hehe poko'a antara 1 - 5 . 
Caranya :
# Mudahnya, setiap sobat membuat artikel atau ingin membuat rating bintang pada postingan lama, copy kode berikut ini : <span itemprop="rating">4.5</span> didalam setiap postingan sobat secara manual
# Praktisnya, agar sobat tidak perlu lagi repot-repot memasang kode script satu persatu, cara praktisnya pasang kode script berikut ini : <span itemprop="rating">4.5</span> pada tab Setting/Setelan > Format > dan masukkan didalam "Entry Template / Templat Entri"  . Bagi Y menggunakan tampilan dasbor Blog Y baru rubah dulu tampilannya ke mode lama agar dapat dengan mudah menemukannya. 
Jika sudah jangan lupa check lagi disini apakah rating bintangnya terpasang dengan benar atau tidak. 
Hahaha kepanjangan ya sob tutorialnya, , , 
Gpp coba2 berhadiah sob,, Dan selesai sudah Tutorial kali ini tentang Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippet di Blog
>>>>>Selamat Mencoba<<<<<

4.5
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Seputar Blog dengan judul Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippet pada Blog. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://portalsolo.blogspot.com/2012/04/cara-memasang-rating-bintang-rich.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sunday, April 29, 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippet pada Blog"

Post a Comment