PORTAL SOLO BLOGGER

Informasi Terbaru,Semua untuk Berbagi....

17 Pertanyaan Yang Sering Diajukan Dalam Wawancara Kerja

17 Pertanyaan Yang Sering Diajukan Dalam Wawancara Kerja
Wawancara kerja sering dianggap suatu hal yang mengkhawatirkan bagi pelamar kerja. Karena tes wawancara inilah yang paling sering menentukan seseorang bisa diterima kerja atau tidak dalam suatu perusahaan. Hal ini menjadi "menakutkan", karena sebagian besar pelamar kerja tidak tahu pertanyaan apa saja yang sering dilontarkan oleh pewawancara dari suatu perusahaan. Berikut ini adalah 20 pertanyaan yang paling sering diajukan dalam wawancara kerja, beserta contoh jawabannya. Meskipun begitu, bukan berarti Anda mutlak menjawab pertanyaan seperti yang tertera di bawah ini. Anda bisa menyesuaikan atau mengembangkannya sendiri, sesuai dengan pengalaman atau kondisi Anda saat ini. Semoga informasi ini bemanfaat bagi Anda pelamar kerja yang akan menghadapi wawancara kerja.
________________________________________
Pertanyaan 1: "Tolong jelaskan tentang diri Anda?"
Contoh jawaban yang paling baik:Saya pernah bekerja di bidang costumer service selama 3 tahun. Dalam pekerjaan terakhir, saya mempunyai tim yang berangotakan 5 orang, saya memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik dan kemampuan antarpersonal, dan itulah yang memungkinkan saya bekerja dengan orang banyak pada beragam tingkatan. Latar belakang saya meliputi pengalaman kerja di perushaan besar dan kecil. Keunggulan saya adalah kemampuan organisasi dan mengkoordinasikan proyek untuk memastikan agar tenggat waktu terpenuhi.

Jawaban ini cukup baik karena menyajikan ringkasan yang baik tentang apa yang harus Anda tawarkan. Si pewawancara mengetahui berapa tahun pengalaman Anda, jenis perusahaan di mana Anda pernah bekerja, dan apa ang menjadi keunggulan Anda berkaiitan dengan pekerjaan itu. Jawaban itu juga menunjkkan kombinasi ang baik antara pengetahuan Anda, watak kepribadian dan kemampuan Anda.
________________________________________
Pertanyaan 2: "Mengapa Anda meninggalkan atau berniat meninggalkan pekerjaan terakhir Anda?"
Contoh jawaban yang paling baik:Perusahaan melakukan reoganisasi, dan bagian saya dihapus. Pekerjaan mulai membingungkan, dan itu tidaklah sesuatu yang mengejutkan. Saya menyukai pekerjaan dan orang-orang yang bekerja dengan saya, sehingga saya berharap hal ini jangan sampai mempengaruhi kami, tetapi sayangnya kami semua harus pergi. Saya akan mencari pekerjaan yang sama dengan pekerjaan itu.

Inilah jawaban yang terbaik, karena memiliki nada yang mantap. Anda tidak mengharapakan situasi ini terjadi. Anda memberikan penjelasan yang sederhana namun dapat dimengerti, dengan keputusan Anda terhadap situasi yang tidak menguntungkan.
________________________________________
Pertanyaan 3: "Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?"
Contoh jawaban yang paling baik: Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset berdasarkan reputasi perusahaan, realibilitas produk, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawan mereka memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan terbaik saya saat tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan itu. Saya tahu saya dapat menyesuaikan diri dengan budaya kerja perusahaan dan memilki banyak kontribusi.

Inilah jawaban yang paling kuat,karena menggambarkan perencanaan dan kontrol dari diri Anda. Bukan sekedar "ada lowongan, saya melamar". Anda menunjukkan bahwa Anda mengetahui apa yang Anda inginkan dan bagaimana Anda mendapatkannya. Anda memilih perusahaan ini dengan melakukan suatu riset dan memeriksa bagaimana karyawan menilai perusahaan ini. Jawaban ini menunjukkan keyakinan pada keahlian dan kemampuan Anda untuk menyesuaikan diri dengan budaya kerja perusahaan tersebut. Namun perlu Anda ingat, Anda jangan terlalu berlebihan, karena bisa menimbulkan masalah besar seperti halnya kekurangan percaya diri.
________________________________________

________________________________________
Pertanyaan 4: "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"
Contoh jawaban yang paling baik: Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek, dengan tujuan jangka panjang. Saat ini saya mencari sebuah posisi dalam sebuah perusahaan dengan catatan prestasi yang solid. Saya ingin memberikan kontribusi pengalaman-pengalaman saya di bidang ini. Tujuan jangka panjang akan berpengaruh pada perjalanan karir yang ada di perusahaan ini. Singkatnya, saya ingin berkembang secara pasti dalam sebuah perusahaan.

Jawaban ini sangat bisa diterima, karena ini adalah pertanyaan terbuka, tidak ada jawaban benar ataupun salah. Jawaban ini adalah terbaik karena ia terbuka bagi kesempatan-kesempatan yang memberikan ruangan bagi pertumbuhan, namun tidak membuat tujuan-tujuan Anda tampak tidak realistis, kaku, atau spesifik.
________________________________________
Pertanyaan 5: "Apa keunggulan Anda?"
Contoh jawaban yang paling baik:Keunggulan saya adalah perpaduan antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan berbagai pelanggan. Saya memandang diri saya seorang ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu membagi masalah-masalah kompleks menjadi konsep dengan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh para pelanggan.

Ini adalah jawaban yang paling kuat, karena ia memberikan gambaran yang luas tentang apa yang Anda bawa untuk posisi tersebut. Bukan hanya yang disyaratkan keahlian teknis-tetapi juga nilai tambah dari kemampuan Anda untuk bekerja secara langsung dengan konsumen. Demikian juga kemampuan yang kuat untuk menyampaikan informasi teknis dalam konteks makna yang sederhanadalam ketatnya persaingan kerja. Sangatlah perlu bagi Anda memikirkan keunggulan Anda lebih dari sekedar memenuhi kualifikasi. Apalagi yang dapat Anda tawarkan yang tidak dapat ditawarkan oleh kandidat lain.
________________________________________
Pertanyaan 6: "Apa kelemahan terbesar Anda?"
Jawaban yang paling baik:Kelemahan bukan sesuatu yang saya risaukan. Saya tahu, saya dapat meningkatkan kesabaran saya di saat bekerja dengan orang-orang yang tidak memiliki kesamaan langkah dengan saya. Yang saya lakukan sekarang adalah dengan cara membantu rekan-rekan tim yang memiliki masalah. Saya justru dapat bergerak lebih maju daripada menjadi seorang yang frustasi dan akhirnya tidak mampu melakukan apa-apa.

Di dalam jawaban ini terdapat penjelasan-penjelasan yang sangat jujur. Saat pemikiran ke depan tertuang dalam jawaban ini. Jawaban ini juga menunjukkan keinginan Anda untuk memperbaiki dan tindakan nyata apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan persoalan dalam pekerjaan.
________________________________________
Pertanyaan 7: "Kapan Anda pernah merasa sangat termotivasi?"
Contoh jawaban yang paling baik: Tahun lalu saya terlibat dalam sebuah proyek yang sangat mengasyikkan. Saya ditugaskan untuk bekerja dalam sebuah tim, dan kami harus melakukan perombakan tenytang sebuah produk yang tidak mendapat sambutan hangat dari para konsumen. Saya harus bangun pagi-pagi sekali untuk memikirkan bagaimana cara yang kreatif untuk menyelesaikan masalah ini. Bagian terbesar yang paling istimewa adalah tim yang bekerja dengan saya. Tim ini dan pemecahan masalah yang kreatif adalah hal yang paling berkesan dalam memberikan motivasi kepada saya.

Jawaban ini sangat kuat karena dipaparkan dengan spesifik. Anda dapat merasakan antusiasme, motivasi yang kuat dan kepuasan. Coba Anda pikirkan saat Anda terakhir kali merasa termotivasi. Nah, bagaimana rasanya
________________________________________



Demikian posting dari Badboydjingan.Semoga bermanfaat . Jangan lupa di LIKE ya.TERIMA KASIH...! SEKIAN 4.5
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita / Tips dengan judul 17 Pertanyaan Yang Sering Diajukan Dalam Wawancara Kerja. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://portalsolo.blogspot.com/2012/06/17-pertanyaan-yang-sering-diajukan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, June 13, 2012

Belum ada komentar untuk "17 Pertanyaan Yang Sering Diajukan Dalam Wawancara Kerja"

Post a Comment