PORTAL SOLO BLOGGER

Informasi Terbaru,Semua untuk Berbagi....

Pengaruh Internet terhadap Perkembangan Perilaku dan Pola Pikir Anak

Pengaruh Internet terhadap Perkembangan Perilaku dan Pola Pikir Anak


1332065213218581462Dewasa ini,Virus kecanduan Internet telah menyerang tak hanya orang dewasa,melainkan anak-anak dan remaja pun telah banyak memiliki akun di berbagai situs pertemanan online yang ada. Apakah anda salah satu orang yang terkena virus kecanduan Internet?. Jika ya,Seberapa sering anda berkutat di depan layar komputer/ponsel untuk mengobrol dengan teman anda di dunia maya melalui Facebook,Twitter atau lewat media jejaringan sosial lainnya.? Manfaat positif atau negatifkah yang lebih banyak anda peroleh dari kegiatan tersebut?. Perkembangan zaman dan teknologi khususnya dalam saat ini, telah memberi dampak yang tak sedikit terhadap perkembangan perilaku maupun pola pikir anak dan remaja. Adalah baik jika anak/remaja mengenal dan menguasai teknologi (Internet) sejak dini. Sebab tak terhindarkan di kemudian hari,teknologi akan berperan penting dalam memudahkan kehidupan manusia. Namun menjadi hal yang mengkhawatirkan tatkala Internet telah disalahgunakan dan orangtua kehilangan kontrol terhadap apa yang dilihat dan dilakukan oleh anak/remaja di berbagai situs pertemanan yang mereka masuki.
Kehadiran internet itu akan kita rasakan manfaat dan kegunaannya sejauh kita memandang dan memanfaatkan Internet untuk hal-hal positif . tapi Tak bisa di pungkiri,internet dengan segala yang ada di dalamnya,kerap menawarkan hal-hal yang menggiurkan,dan tak sedikit juga hal-hal konyol di luar akal sehat dan menyimpang. Hal inilah yang sering kali kita temukan yang kebanyakan dilakukan anak-anak dan remaja kita tak kalah setelah anak/remaja mengenal Internet dan memasuki situs pertemanan yang ada di Internet seperti Facebook,Twitter dan situs pertemanan yang lain-lainnya. Dan juga banyaknya game-game Online yang tersedia di Internet membuat anak/remaja betah berjam-jam di monitor komputer, bahkan Begadang hingga larut malam sehingga Anak/remaja cenderung menjadi malas dan tidak berkonsentrasi dalam belajar. Dan juga Pada jam belajar dengan sebuah gadget di saku yang sebentar-sebentar berbunyi,anak/remaja akan buru-buru melihatnya dan tersenyum sendiri bagai tak waras untuk kemudian membalas komentar yang ada. Dan jika dilarang,umumnya mereka anak memilih cara lain,yakni tetap bermain dengan sembunyi-sembunyi.
Tatkala Internet telah disalahgunakan anak/remaja tentunya hal-hal negatif yang tak diinginkan akan terjadi. Sebab jika orang tua kehilangan kontrol terhadap anak/remaja. Tanpa sepengetahuan orangtua,anak/remaja dengan mudah dapat mengakses foto atau video dewasa dari sesame temannya maupun dari situs porno yang ada. Hal ini jika tak dicegah,tentu dapat memicu hal-hal negatif yang tak diinginkan,seperti seks bebas,penyimpangan seksual,hingga kehamilan di usia dini.
Tak dapat dipungkiri,kita hidup dalam masyarakat dengan kemajemukan sifat dan perilaku. Adalah tidak mungkin bagi kita untuk mengubah perilaku setiap individu menjadi sesuai keinginan atau baik menurut penilaian kita,belum tentu juga baik buat orang lain. Tentu saja, setiap orang itu sah-sah saja melakukan apa saja yang dia inginkan.hidup-hidup dia, apa hak kita melarangnya?. Tapi saya hanya ingin berpesan lewat tulisan ini,manfaatkanlah teknologi yang ada untuk hal-hal yang lebih berguna.karena Begitulah kecanggihan teknologi zaman sekarang. Bila ta sangggup menyesuaikan diri,terkadang mungkin kita menjadi terlihat lebih bodoh dari teknologi yang sesungguhnya dilahirkan dari tangan manusia juga. Sehingga Kehadiran internet itu akan kita rasakan manfaat dan kegunaannya sejauh kita memandang dan memanfaatkan Internet untuk hal-hal positif.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita dengan judul Pengaruh Internet terhadap Perkembangan Perilaku dan Pola Pikir Anak. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://portalsolo.blogspot.com/2012/04/pengaruh-internet-terhadap-perkembangan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Tuesday, April 24, 2012

Belum ada komentar untuk "Pengaruh Internet terhadap Perkembangan Perilaku dan Pola Pikir Anak"

Post a Comment